Dasar WordPress – TOOLS

Wordpress

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas menu lain pada Dashboard WordPress yaitu WordPress TOOLS. Dalam Menu Tools terdapat 4 Sub-menu yang bisa diakses, yaitu

  1. Available Tools
  2. Categories and Tags Converter
  3. Import
  4. Export

A. Available Tools

Di halaman sub menu ini terdapat dua fitur lagi yaitu Press This dan Categories and Tags Converter

1. Press This

Press This merupakan sebuah Bookmarklet, yaitu sebuah tombol yang bisa kita taruh di tab Bookmark browser yang berfungsi mengambil bagian bagian dari website yang kita kunjungi untuk dibuat klip seperti text, gambar, atau video pada webiste tersebut. Kemudian klip tersebut yang kita ambil, bisa kita langsung publish atau save menjadi konten lewat POSTS.

Contoh lainnya yaitu jika anda pernah menggunakan layanan Web 2.0 situs Bookmarking seperti Lintas.me yang dulu populer, Digg atau delicious yang juga dulu populer, maka fungsinya kurang lebih sama seperti Press This.

a). Membuat Bookmarklet Press This

Sebelum bisa menggunakan fitur Press This, pertama anda harus membuat tombol Press This dulu di Browser anda.

1). Tekan lama tombol Press This, kemudian drag atau geser ke bagian Bookmark tab browser anda.

Press this bookmarklet drag drop

2). Jika anda kesulitan membuat tombol bookmark dengan Drag atau menggesernya ke Bookmark tab, maka anda bisa gunakan cara ini:

i. Klik tombol kecil disamping tombol Press this, kemudian akan muncul kotak yang berisi kode javascript. Copy code tersebut.

Press this Bookmarklet code

ii. Kemudian pada Bookmark browser anda klik kanan, dan pilih Add page. (Catatan: Pada contoh ini saya menggunakan browser Chrome. Cara penambahan bookmark mungkin sedikit berbeda ditiap browser.)

Add Press this to Bookmark tabs

iii. Kemudian isikan pada bagian Name dengan kata “Press This” atau kata lain sesuai keinginan anda.

iv. Dan pada bagian URL, paste kode javascritnya. Kemudian Save

Add Pressthis Bookmarklet in Bookmark tab

v. Bookmarklet otomatis akan muncul di Bookmarklet tab anda.

Pressthis Bookmarklet sudah selesai dibuat

b). Cara Menggunakan Press This

Setelah anda selesai membuat tombol Press This, selanjutnya ikuti langkah berikut untuk cara penggunaannya.

1). Silakan anda kunjungi situs mana saja di Internet, Untuk contoh ini saya menggunakan Situs Wikipedia.

2). Block Paragraf atau text yang ingin anda jadikan klip, lalu klik Tombol Bookmarklet Press This yang sudah anda buat tadi.

Select text on web page

3). Setelah anda klik Akan muncul window baru pada browser yaitu Press This Editor yang akan berisi klip text dan juga link sumbernya. Dari sini anda bisa edit konten tersebut atau langsung di publish saja.

Press this Window - 01

Penjelasan bagan pada Press This Editor

1). Textarea untuk memasukkan Url kemudian di Scan otomatis oleh WordPress
2). Title yang didapat dari hasil scan, anda bisa modofikasi titlenya
3). Text editor yang berisi klip baik itu text, gambar, maupun video. Anda juga bisa edit kontennya disini
4). Categories, pilih kategori konten untuk hasil klip anda
5). Tags, pilih tags konten untuk hasil klip anda
6). Icon Media, yaitu fitur untuk memasukkan media secara manual di klip yang anda buat dengan Press This
7). Tombol Publish untuk Klip yang anda buat dengan Press This.

Catatan:

Tidak semua website saat kita buat klip-nya atau kita ambil bagian kontennya, akan mensertakan media berupa gambar atau video. Entah apa yang menyebabkan hal ini terjadi, atau mungkin ini Bug yang terdapat pada WordPress.

Sebagai contoh, pada studi kasus diatas saya yang menggunakan halaman Wikipedia, Gambar tidak di sertakan pada saat saya membuat klip, padahal pada halaman Wikipedia terdapat Gambar dibagian kanan halaman.

Image in page not scraped

Untuk kasus lainnya, saya mencoba situs lain untuk membuat klip menggunakan Press This, dan berhasil memasukkan gambar dari situs tersebut, karena pada prosesnya WordPress berhasil mengambil Media Gambar yang ada pada situs.

Press This Window 02

Kasus lainnya untuk media video, saya mencoba untuk membuat klip dari Media video Youtube. Dan saya berhasil juga mendapatkan Video tersebut menggunakan Press This.

Press this window 03

Jadi kesimpulannya anda harus coba situs-situs yang ingin anda ambil kontennya untuk dijadikan klip apakah Media gambar maupun video yang ada di situs tersebut bisa diambil.

4. Di halaman yang sama jika anda perhatikan, dibagian Box Press This ada tombol Open Press This. Tombol ini secara langsung membuka Editor Press This di Window lain pada Browser. Di rekomendasikan menggunakan Fitur ini pada device Mobile saja seperti Smartphone dan Tablet saat anda mengakses situs WordPress anda

B. Categories and Tags Converter

Tool kedua yang tersedia pada WordPress adalah Categories and Tags Converter. Fungsi tool ini adalah mengubah Kategori ke Tag, dan juga sebaliknya Tag ke Kategori. Jadi jika anda punya Kategori yang ingin di ubah menjadi Tag dan juga sebaliknya, maka anda bisa menggunakan tool ini.

1. Tool ini anda harus instal terlebih dahulu, karena tidak langsung tersedia secara default. Untuk instalasi anda cukup klik saja link Categories and Tags Converter.

Install Categories and Tags Converter Plugin

2. Kemudian anda akan langsung menuju laman “IMPORT”, kemudian pilih saja bagian Categories and Tags Converter yang ada pada daftar, dan klik Install Now.

Categories and Tags Converter Ready to install

3. Tool akan otomatis terinstal dan aktif. Serta bisa langsung anda gunakan.

Untuk menggunakannya, silakan anda pilih aksi yang ingin anda lakukan. Apakah mengubah Kategori menjadi Tag atau sebaliknya. Untuk melakukannya anda cukup klik tombol yang ada di bagian atas.

Kemudian Centang Kategori/Tag yang mana saja yang ingin anda ubah bentuknya. Jika sudah memilih, silakan klik tombol Convert... yang ada di bagian paling bawah

Using Categories and Tags Converter

C. IMPORT

Import merupakan tool untuk mengambil atau mengembalikan konten anda melalui file cadangan yang di Export. Tool ini untuk pertama kali tidak langsung tersedia, anda harus instal dulu sama seperti Categories and Tags Converter.

Untuk penggunaan pertama kali, silakan anda instal terlebih dahulu. Klik saja pada menu Import, Kemudian anda akan dibawa kehalaman instalasi tool Import.

Perlu di ketahui, ada banyak platform yang bisa anda import ke situs WordPress anda. Seperti Blogger, Tumblr, LiveJournal, dan lainnya. Silakan pilih salah satu untuk mengaktifkan fungsi import untuk platform-platform tersebut. Untuk contoh ini kita akan mengaktifkan fungsi import WordPress.

1. Silakan pilih “WordPress” yang ada dibagian bawah dan klik Install Now.

Install WP Import Plugin

2. Jika sudah, kemudian klik link Run Importer

Run WordPress Importer

3. Disini anda akan langsung dibawa kehalaman Import file. Silakan klik tombol Choose File, kemudian pilih file hasil export berupa file .xml (File hasil Export WordPress selalu dalam bentuk XML).

Memilih file untuk di import ke WordPress

4. Kemudian klik tombol Upload file and import

Upload dan Import File Backup

5. Kemudian anda diharuskan memilih Author (nama penulis) untuk konten yang anda Import. Jika anda ingin nama penulis apa adanya, maka anda tidak perlu melakukan apa-apa disini. Biarkan saja apa adanya.

Namun jika anda ingin mengubahnya ke Author lain, maka bisa anda lakukan dengan cara:

  • Membuat Author baru dengan mengisi Namanya di Bagian “or create new user with login name:“.
  • Atau yang kedua dengan mengganti nama Author dengan nama penulis yang sudah ada di situs WordPress anda di bagian “or assign posts to an existing user:“. Klik saja pada kotak “- Select -“, akan muncul kotak pilihan yang berisi daftar Author di WordPress anda. Silakan pilih salah satu.
  • Setelah selesai, opsi terakhir adalah Import Attachments. Opsi ini mengatur hasil import menyertakan gambar konten untuk di download atau tidak. Misalnya dalam artikel, terdapat gambar, maka jika anda centang, gambar tersebut akan di Download dan di sertakan dalam konten hasil import. Jika tidak, artikel kosong tanpa gambar.
  • Jika sudah selesai semua, silakan klik tombol Submit.

Assign Author atau Penulis saat Import

6. Jika Proses import selesai, akan muncul pesan All Done. Have fun!

Import Sukses

D. EXPORT

Tool terakhir ini adalah tool yeng berguna untuk men-cadangkan konten WordPress anda. Kemudian file hasil pen-cadangan ini bisa di Import lagi dengan Tool Import ke situs lain. File hasil Export adalah berupa file XML.

Anda bisa dengan mudah Export semua konten anda sekaligus, atau bahkan konten dengan kategori tertentu saja, kemudian Pages dan juga Media bisa anda Export.

1. Jika anda ingin semua konten Export yaitu berupa Posts, Pages, Media, Categories dan Tags, maka cukup pilih “All Content” pada halaman Export.

Ekspor semua konten

2. Jika anda ingin hanya Posts saja yang ingin di ekspor, maka pilih Posts. Kemudian dari sini anda bisa filter lagi Posts mana saja yang ingin anda Export. Bisa di filter berdasarkan Kategori, Nama Penulis, rentang tanggal pembuatan posts, dan Status Konten tersebut.

Ekspor Hanya Post Saja

3. Jika anda ingin Export Pages saja, maka pilih saja Pages. Dan anda bisa filter hasil Export dengan 3 filter saja, yaitu Berdasarkan Nama penulis, Rentang tanggal pembuatan Pages, dan Status Pages.

Ekspor Hanya Halaman saja

4. Kemudian yang terakhir adalah anda bisa mengekspor Media. Untuk media anda hanya bisa filter berdasarkan rentang tanggal uploadnya saja.

Ekspor Media Library saja

Catatan:

Dan perlu di ingat, bahwa Media tidak membackup file media tersebut baik itu file gambar, video, dan audio. Yang dibackup adalah data detail file media tersebut di WordPress anda dalam bentuk XML. Dan untuk mengambil file media tersebut jika anda melakuka Import adalah WordPress akan men-downlodnya dari Sumber media tersebut.

Contoh, Anda export media dari situs A, kemudian anda import ke situs B, maka situs B akan mendownload media dari situs A kemudian menguploadnya ke server anda. Kurang lebih begitu gambarannya.

5. Jika sudah selesai semua, maka Tinggal klik Tombol Download Export File.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress
Dasar WordPress – SETTINGS

Pada pembahasan Dasar WordPress kali ini, kita akan meembicarakan tentang menu WordPress terakhir pada yaitu menu SETTINGS. Disini terdapat semua seting atau setelan yang bisa anda ubah opsi-opsinya yang tersedia untuk mengatur situs WordPress anda. Terdapat 6 Sub-Menu yang bisa anda akses di menu SETTINGS ini. General Writing Reading Discussions …

Wordpress
Dasar WordPress – USERS

USERS pada WordPress merupakan sebuah fitur dimana anda bisa mengatur beberapa user sekaligus dengan fungsinya masing-masing. Anggaplah sekarang anda punya sebuah tim yang mengatur konten pada Website yang anda buat. Tentunya tim anda terdiri dari Penulis, Editor, dan Juga Admin. Anda bisa buat tim anda meiliki detail login username dan …

Wordpress
Dasar WordPress – PLUGINS

Pada WordPress selain fitur yang dapat membuat kita negganti tempilan website (Theme WordPress), juga adanya sebuah fitur dimana kita bisa menambah fungsionalotas atau mudahnya fitur-fitur tambahan pada WordPress yaitu dengan fitur PLUGINS. Plugins merupakan sebuah file atau sekumpulan file dalam bentuk .PHP dimana berisi command atau perintah-perintah dalam bahasa PHP …